Back To Campus

Alhamdulillah jadi anak kampusan lagi euy..cuit cuit😀

Setelah melalui perjalanan panjang, berkelana ke hutan-hutan, ke sungai, ke pulau-pulau, ke pelabuhan-pelabuhan dan satu pelabuhan hati hahaha apa sih Neng Di…maksudnya sudah lama kerja dan ternyata beneran kata seniorku dulu “kuliah itu ngangenin” dan sekarang sudah bener2 terasa, aku kangen kuliah, kangen hectic lagi, kangen begadang ngerjain tugas, kangen bangun kesiangan trus lari-lari naek ke lt.4 buat sekedar kuliah dengerin Mr Dosen di depan kelas ato sekedar konkow2 di kampus ngenet ato nyedot Dorama hehe…dan kangen nyontek (hehe don’t try this everybody, it’s very dangerous)

Nah akhirnya diawal bulan Mei memutuskan untuk back to campus gajah😀 pengennya sih melalang buana ke negeri orang, kayak temen2 biar keren tapi tak dapat restu dari ortu (niatnya biar keren sih makanya nggak dapet restu..hehe kidding), hmm oke baiklah..campus gajah juga oke🙂

step selanjutnya adalah berburu tanda tangan (kayak lagi MOS SMA aja ya) itu tuh ke dosen yg kasih rekomendasi buat sekolah lagi, hehe trus urus-urus yang laen sedikit ribet sih tapi alhamdulillah 2 hari beres kok🙂 tinggal ELPT dan TPA.

ELPT (English Language Proficiency Test) dapetnya langsung dari ITB dan murah ternyata hehe nggak kayak TOEFL yang harganya sampe 350k, sedangkan ELPT hanya 75000 saja murah kan..sesuai banget dah ama dompet mahasiswa😀

selesai ELPT trus masih ada TPA (Test Potensi Akademik) dari Bappenas yang ini tapi tetep dilaksanakannya di kampus, hmmm yang ini tampaknya mesti latian sih..at least baca2 buku TPA lah biar nggak kaget2 ama jenis dan tipe soal2 TPA yang berjumlah 250 biji itu, secara otaknya nggak jenius jadi ya belajar Neng Di biar dapet nilai yang melebihi syarat (utk masuk magister syaratnya TPA > 475), ternyata TPA itu mudah klo orangnya jenius haha..sedikit cerita tentang TPA soalnya terdiri dari 3 jenis, pertama kemampuan verbal (antonim, sinonim, padanan kata) huuu disini pasrah awak, liat soal pertama istilahnya sudah antah berantah gimana mau nyari lawan katanya wong soalnya sendiri awak tak paham apa artinya, hihi..parah ini nggak suka baca koran, ato buku-buku aneh yg banyak memuat istilah-istilah aneh itu, ini makanya beli buku panduan TPA jadi yg dipelajari cuman kata-kata aneh itu, kedua soal matematika hitung2an gitu dari SD sampe SMP deh kayaknya (yang bagian ini nggak selesai jadi ada sisa waktu 5 menit di akhir dipake untuk bulat-bulatin sekehendak hati hahaha), dan ketiga soal bergambar alias gambar kubus dibolak-balik itu, sampe pengen jungkir balik pas lagi ngerjainnya hehe..tapi lumayan menyenangkan kok, jangan stress pas lagi liat kubus2 itu anggap aja mainan pas kita lagi TK😀

Hahaha…sumpah deg-degan nungguin hasil TPA hehe sampe nggak selera makan (padahal makannya masih porsi jumbo)…dan alhamdulillah hasilnya ya luluslaaahhh😀

Ehh bentar satu lagi tesnya, tes di jurusan tercinta..hmm tesnya Mekanika Fluida, Matematika Rekayasa, and Mekanika rekayasa hehe…nostalgia sama buku-buku jaman S1 dulu, bingung nyari-nyari buku-buku jaman dulu mana ya..nggak nemu cuman nemu Mekrek doang, akhirnya ngubek-ngubek bukunya Ponyooo hehe sambil belajar sambil senyum-senyum dalam hati berkata “rapi juga catatanmu” :p makasih ya catatannya🙂

Selain tes tertulis ada wawancaranya juga lho pertanyaannya cuman satu “ceritakan diri anda dari awal sampai sekarang” hahhh!!! melongoo!!! dengan bahasa membingungkan, dan ngerasa aneh secara yang mewawancara orang yang sudah dikenal dan sudah tau siapa saya haha..jadi aneh rasanya, klo cerita ke orang yang sama sekali tidak kenal kita itu lebih mudah ternyata..(kayak pas lagi wawancara kerja, itu lebih enak ternyata dibandingkan diwawancara sama dosen kita) huhuhu…Bapak maaf ya..penjelasannya mungkin tidak berkenan🙂

Dari sederetan tes dan bolak-balik ngurusin berkas sampailah pada hari pengumuman tanggal 16 Juli 2011 hehe Alhamdulillah keterima tanpa syarat apapun🙂

Selanjutnya tinggal urus2 pendaftaran dan bayar (DUIT DUIT DUIT), dan tahun ini untuk Magister dan Doktor sistem pembayarannya per semester lho 8.5jt/semester WHAAATTT!!! melotot langsung mahal duoongg…trus nanti semester 4 klo cuman ambil thesis doang langsung bayar segitu juga waduuuuuuhhhh!!!! hmmm oke2 bisa dipikirkan dan diakali nanti deh..

Jadi di ITB klo dulu jaman 2004 awak masuk S1 bayarnya per semester dan utk Magister dan Doktor bayarnya per sks, sekarang di balik justru S1 yang bayarnya per sks hmm roda selalu berputar memang…lhoooo kokkk…

Sudah ahh banyak yang gangguin ini di YM langsung ilang ide mau nulis apa..dadah sampai jumpa di posting selanjutnya🙂

 

5 thoughts on “Back To Campus

  1. Thank you informasinya,

    Saya mau tanya, untuk tes pasca itb itu kan ada 3 tes, ELPT, TPA & wawancara. Tes Itu jadi satu kesatuan apa terpisah. Maksudnya, bisa nggak kalo misalnya bulan ini ngambil ELPT nya terus bulan depan TPA dan hasilnya diserahkan ke sekertariat apa tesnya dilakukan dalam kesatuan mirip SPMB ?

    • Hallo Ekwan..makasih sudah mampir🙂

      Ketiga tes itu memang waktunya beda-beda. Kalau untuk ELPT, ITB memang mengadakan lebih dari satu kali, jadi bisa ikut di periode pertama, atau kedua (jadwal jelasnya bisa cari info di pusat bahasa ITB).
      Sedangkan untuk TPA itu dilaksanakan sekali dan serentak untuk calon mahasiswa, waktunya sudah ditentukan, ada pengumumannya kok di website pasca sarjana.
      Kalau wawancara dilakukan sesuai dengan jadwal per jurusan, hehe ada pengumumannya sendiri lagi😀

      Ayoo kuliah lagi, semangat!! semoga membantu infonya😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s