Gigi ku Tumbuh Horizontal

Awalnya cuman mau bersihin kalkulus di gigi (kalkulus = plak yang menempel di gigi berwarna hitam kalau sudah lama menempel) di RSGM Unpad, itu juga sama temenku yang lagi koas di sana, trus karena banyak keluhan disana-sini apalagi klo nggak masalah gusi, gigi dan rahang (kok banyak ya!!!), jadilah akhirnya berlanjut sampe tau klo giginya ada yang horizontal…WHAAAATTTT!!! astaghfirullah.

Setelah pertama bersihin kalkulus yang mencapai 33.30% WOW banyak banget ya..secara udah 2 tahun yang lalu ke dokter gigi (nakal banget sih gue), trus baru nyadar ternyata rahangnya itu “clicking” hmmm pantesan kok ada yang aneh klo dipake makan, pas diinget-inget “clicking”nya itu timbul gara-gara dulu pas gigi bungsu bagian kanan atas keluar gue demam dong dua minggu trus susah buka mulut nah pas si gusi sudah sembuh dari bengkak jadilah si rahang kaku dan sekarang “clicking”😦 sedih gue dan emang nggak ada cara untuk menyembuhkannya selain mengubah pola mengunyah…huhu semoga si rahang tersayang bisa kembali ke posisi semula..dari sini terbersit ide oleh si koas yang katanya “di rontgen aja kak, biar ketauan posisinya gimana”

Nah ini diaaa…check up kalkulus ketiga + rontgen (check up kalkulus kedua merasa nggak perlu dengan rontgen, karena belum terasa sakit), diputuskan pas check up ketiga baru rontgen karena setelah check up kedua itu sakitnya clicking minta ampun tapi malah yang sebelah kiri dan gusinya juga nyeriiii…akhirnya ketok palu buat rontgen…

taraaaaa inilah hasil rontgennya…kata si koas “kak siapkan mental yo” gue udah melotot duluan pas dia bilang gituuu…

Astaghfirullah…jadi bukan “clickling”nya yang berbahaya tapi gigi bungsu bagian bawah yang HORIZONTAL…huhu sediiiihhh liatnyaa..kok bisa gigiku kayak gini??

Nah penjelasannya adalah :

  • Clicking; posisi rahang tidak bermasalah, jadi masih normal..clickingnya itu ditimbulkan karna sang rahang bawah hanya menabrak rahang atas pas lagi dipake mangap. Jadi nggak perlu khawatir sama clickingnya..tapi tetep clicking😦
  • Gigi bungsu harus DIBEDAH😥 nggak bisa nego klo yang ini, soale nyeri gusi itu dari sini timbulnya, kok bisa sih horizontal gitu? karena rahangnya gue itu sempit ternyata, jadi dengan gigi dewasa yang saat ini sudah tumbuh itu udah penuh space rahangnya nggak boleh ada lagi gigi tumbuh, padahal si bungsu masih mau keluar, dengan sangat menyesal si bungsu harus dibuang…klo nggak kenapa emangnya dok? ya bakalan merasa nyeri berkepanjangan karena nabrak ke syaraf, dan parahnya lagi akan sering sakit kepala…huaaaaaa terkadang berpikir mestinya nggak usah ke dokter kali ya biar nggak tau yang aneh2 (husshhh mau sakit terus?)
  • Nah yang gigi bagian atas, itu sudah tumbuh semua gigi bungsunya, tapi ada gigi BERLEBIH..lhooo kok!! iya itu ada gigi kecil di bagian kanan atas itu gigi berlebih hahaha..nggak ngerti gue kok bisa giginya berlebih, katanya di cabut aja klo mau, tapi klo nggak mengganggu dibiarin juga oke kok😀 (secara cabut gigi itu muaahaaalll bo)

Nah itulah tiga point penting masalah gigi dan mulutku…hmm sekarang sedang menunggu waktu yang tepat buat operasi (hahaha lebih tepatnya menyiapkan mental sih mulutnya diobok2 ama Mr.Dokter.

Huhu do’akan ya semoga baek2 aja..semoga operasinya tidak mengganggu sistem fokus kedua mataku yang tampaknya juga sudah mulai berkurang😥

*to be continued till my surgery has done..insyaallah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s