Kandidat CaBup Tanjung Jabung Timur

Gatel juga mulut klo nggak komen, setelah baca ini :

JAMBI INDEPENDENT ONLINE

Ditulis oleh jpnn

Selasa, 25 Januari 2011 15:11

Tiga Pasang Kandidat Jual CPNS

Sepakat Tidak Mainkan Politik Uang

MUARARSABAK – Persaingan tiga pasangan calon bupati-calon wakil bupati (cabup-cawabup) Tanjab Timur makin ketat. Mengandalkan visi dan misi saja tidak cukup. Untuk meraih simpati dan dukungan pemilih, masing-masing kandidat harus punya strategi khusus. Karena program-program yang disampaikan tiga pasangan kandidat pada pemaparan visi dan misi di DPRD Tanjabtim kemarin, relatif hampir sama.

Secara garis besar, program yang ‘dijual’ tiga pasangan kandidat tidak ada yang baru dan menarik. Semuanya masih standar dan berupa janji-janji manis yang belum tentu bisa direalisasikan seluruhnya. Salah satu program yang dijual tiga pasangan kandidat adalah soal penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Secara umum, tiga pasangan kandidat berjanji akan memprioritaskan putra-putri Tanjabtim pada penerimaan CPNS. Pasangan nomor urut 1, Syaipuddin-Kaharuddin malah menjanjikan 80 persen CPNS yang akan diterima adalah berasal dari Tanjabtim. ‘’ Ini bertujuan agar jajaran birokrasi diisi oleh orang-orang yang benar-bena memiliki rasa memiliki Tanjabtim,’’ kata Saipudin saat membacakan visi misinya.

Tidak mau kalau, dua pasangan lainnya, Juber-Isroni dan Zumi Zola-Ambo Tang juga memasukkan program penerimaan CPNS ini dalam visi dan misinya. Meski tidak menyebutkan, keduanya berjanji akan memprioritaskan putra-putri Tanjabtim.

Di bidang kesehatan, program-program yang ditawarkan tiga pasangan kandidat juga hampir sama. Saipudin-Kaharudin berjanji akan memberikan pengobatan gratis bagi keluarga tidak mampu. Lalu Juber-Isroni,  menjanjikan persalinan gratis bagi ibu kurang mampu. Sedangkan Zumi Zola-Ambo Tang juga menawarkan pengobatan gratis.

Kemudian, masing-masing kandidat juga berjanji mengadakan program pembuatan sertifikat gratis, mereformasi birokrasi dan memberbaiki sistim pendidikan. Selain itu, para kandidat juga berjanji memberikan sejumlah barang kepada masyarakat.

Juber-Isroni misalnya. Pasangan nomor urut 2 ini berjanji akan menganggarkan dana untuk program rehap rumah bagi keluarga tidak mampu, sebanyak 500 rumah per tahun. Selain itu, pasangan dengan slogan Gerakan ekonomi cemerlang (Gemilang) ini juga mberjanji memberangkatkan alim ulama umroh, 5 orang per tahun.

Tak mau kalah, pasangan Zumi Zola-Ambo Tang juga menawarkan program hampir serupa. Pasangan nomor urut 3 itu berjanji memberikan intensif bagi guru ngaji, bilal dan khatib. Memberikan kredit Rp 50 – Rp 100 juta pertahun per desa, memberikan 400 unit Pompong gratis pertahun kepada nelayan, program bedah rumah 400 unit pertahun, dan memberikan eskavator kepada petani.

Di bidang perkebunan, ke tiga pasangan kandit juga menjanjikan pembangunan pabrik kelapa sawit. Ini bertujuan untuk meningkatkan mutu dan harga jual buah sawit yang ditanam warga.

Tidak Boleh Saling Menjatuhkan Lawan

Selain menyampaikan visi dan misi, kemarin (24/1), tiga pasangan kandidat Tanjabtim juga membacakan ikrar kampanye damai. Selama masa kampanye mereka sepakat tidak melakukan money politik dan kampanye hitam (black campaign) yang bertujuan menjatuhkan lawan.

Ketua tim pemenangan pasangan Juber Isroni, Sentot,  mengaku tidak begitu mengkhawatirkan praktik politik uang dan kampanye hitam. “Kami tetap waspada. Tapi tidak terlalu kawatir, karena waktu melaksanakan kampanye singkat membuat kami lebih mengutamakan menyolidkan kekuatan tim dibanding menggubris kampanye hitam,” katanya.

“Tapi jika menemukan aksi politik uang, kami akan selesaikan dengan cara yang sesuai aturan dan melaporkan ke Panwaslu,’’ tambahnya.

Sementara itu ketua Tim Kampanye pasangan Zumi Zola-Ambo tang, Markaban,  mengaku akan konsisten mengacu pada kampanye damai yang telah disepakati dan ditanda tangani ketiga pasang kandidat. “Artinya, kita tetap dan harus mematuhi kampanye damai yang telah disepakati dan ditandatangani,” katanya

Menurut dia, dengan kesepakatan tersebut berarti jangan ada saling menjatuhkan antar kandidat. Tapi, harus menjalankan politik dengan santun selama proses pemiluakda ini berlangsung.

Disinggung soal aksi money politics atau politik uang yang akrab diidentikkan dnegan pasangan nomor urut 3 ini, Wakil Ketua DPRD Tanjabtim itu menjawab diplomatis. ‘’ Pemilukada pasti membutuhkan cost atau biaya politik. Itu tidak bisa dikesampingkan. ” Kalau nanti ada yang memberi uang, tidak berarti berhubungan langsung dengan kandiat yang akan dipilih,” katanya.

Begitu juga dengan Saipudin.  Kandidat cabup nomor urut 1 ini menegaskan bahwa semua kandidat harus konsisten mematuhi kesepakatn kamapanye damai yang salah satu poin nya menyebutkan bahwa kandidat tidak akan melakukan aksi politik uang.

“Saya menginginkan semua kandidat taat dan patuh dengan komitmen ikrar bersama yang telah ditandatangani. Dan benar-benar dilaksanakan. Jangan cuma seremonial,’’ tegasnya.

Saipudin mengaku siap menjalankan kampanye damai tanpa melakukan aksi politik uang dan kampanye hitam. Namun dia menegaskan bahwa dia bersama tim pemenangannya senantiasa mawas diri menyikapi adanya kemungkinan politik uang yang mungkin terjadi, demi mengamanakan tim dan massa simpatisan yang dimilikinya. (jpnn)

Mari berkomentar sedikit :

Sebagai an ordinary citizen in this regency, setidaknya bakalan geram klo sudah melihat segudang sederet seabrek janji para calon kepala daerah ini, apa yang mereka pikirkan sebenernya? apa tujuan utama mereka sebagai calon Bupati? apa yang akan mereka lakukan sebagai Bupati nantinya??

Bapak calon Bupati yang terhormat, kami tidak tau apa itu politik karna itu sangat berat menurut kami, dan kami tidak cukup pintar untuk menyaring semua janji yang anda ucapkan, dan sekarang kami disuguhi kata-kata manis dari rangkaian kampanye yang sedang anda jalankan. WOW!!! just WOW, kalau benar anda-anda akan melakukannya betapa makmur kabupaten ini, betapa kami tidak kesusahan untuk mencukupi keluarga dan mengirimkan anak-anak kami ke sekolah favorit, dan kami akan menjadi Kabupaten yang mungkin akan menjadi contoh bagi kabupaten2 lain di Indonesia ini.

Komentar dari seorang putra daerah yang tidak memberikan banyak kontribusi ini adalah Bapak Bupati kenapa dalam visi dan misi anda SANGAT WOW!!! mengagetkan kami…kesehatan, pendidikan, kesejahteraan rakyat sudah anda sebutkan TAPI ketika seorang rakyat kecil menyadari bagaimana dengan sarana transportasi yang sudah ada saat ini?? Bapak Calon Bupati yang terhormat, kami terlambat berangkat sekolah karna jalanan terputus akibat banjir, sepeda kami selalu bocor karena jalanan berlubang dimana-mana, kalau jalan kaki jauh sekali, belum juga tiba di sekolah saya harus menolong orang yang kecelakaan dan jatuh di Jembatan yang sudah miring/reot dan tidak layak pakai..bagaimana kami bisa lancar merampungkan pendidikan kami??

Terkait dengan janji anda yang akan menggratiskan biaya berobat bagi yang kurang mampu?? untuk program ini pada kenyataaannya sudah berjalan dari tahun2 sebelumnya, dan ini adalah program NKRI bukankah anda memang tinggal melanjutkan saja, kalau anda menghapus sistem pengobatan gratis otomatis tidak ada rakyat yang memilih anda karna pada dasarnya kebanyakan kami kurang mampu. you see??

Kredit Rp 50 – Rp 100 juta..this is amazing!!! seberapa paham rakyat kecil dan tidak sekolah mengerti akan tingkah polah dunia perkreditan yang pada intinya memanfaatkan orang lain untuk meraup keuntungan yang sebesar-besarnya??? sigh..Bapak Calon Bupati yth. saya sesak membaca bagian yang ini..kasiannya rakyat anda nantinya dengan nominal kredit sebegitu banyaknya, itu berarti rakyat anda akan dibebani dengan hutang yang pastinya akan mempunyai jangka waktu yang panjang 5 tahunkah seperti anda menjabat sebagai Bupati?? kalau lebih dari 5 tahun?? siapa yang akan bertanggung jawab?? tidak sedihkah anda menanamkan benih hutang pada rakyat anda, bagaimana generasi penerus anda nanti menyikapinya?? sejak dini mereka sudah diajari untuk menikmati kredit..its horrible..

Para Petani yang saat ini beralih memelihara lahan mereka menjadi kebun karet dan sawit, tahukah anda Para Calon Bupati?? mereka mengeluh karena harga sawit sangatlah murah, harga di tekan sedemikian sehingga distributor tetap bisa meraih keuntungan, keluhan biaya transportasi sangatlah mahal tidak pernah terpikirkan oleh anda kah? this is very crucial, tidak ada sarana transportasi yang baik, kembali lagi ke transportasi, kami hanya mengandalkan jalan berlubang, jalan tanah yg kalau hujan tidak bisa dilewati, dan pompong kecil yang melewati parit2 sampai nanti diterima oleh truk itu juga jalan masih berlubang disana-sini. Ketika anda akan membangun pabrik kelapa sawit, terpikir oleh anda bagaimana distribusinya nanti? seberapa besar biaya akomodasi yang dikeluarkan? bagaimana keuntungan bagi para pemilik kebun sawit ini? Pemilik kebun sawit tidak berharap banyak, mereka hanya ingin sawit mereka laku terjual dan modal mereka bisa kembali, mereka bersyukur kalau mereka juga dapat meraup untung dari hasil jerih payah mereka.

Dari semua point yang anda sebutkan, anda TIDAK memperhatikan transportasi yang ada sekarang ini, padahal menurut saya, anda tidak perlu membuat sederet visi dan misi untuk mengelabui para rakyat yang masih banyak tidak mengerti akan politik. Anda hanya tinggal membenahi transportasi jalan dan transportas air dengan benar, kualitas baik, secara otomatis, pergerakan ekonomi masyarakat akan membaik juga. Kenapa demikian? jika kualitas jalan darat baik dan sudah terhubung langsung ke Kota Jambi, banyak pelaku bisnis akan mengembangkan usaha mereka dengan memanfaatkan kondisi transportasi yang baik, Petani-petani bisa menikmati hasil panen dengan tidak adanya biaya transportasi yang mahal, semakin banyak siswa yang menganggap Kota Jambi itu dekat dan mereka tidak berkeberatan kalau sekolah ke tempat2 favorit idaman mereka, dan masih banyak lagi sederet perkembangan suatu daerah ketika transportasi sudah baik.

Kenapa anda tidak belajar dari Ibukota negara ini yang sedang menggembor2kan solusi transportasi, sedangkan anda menggembor2kan janji-janji yang malah membuat rakyat anda memalingkan muka kepada anda. Transportasi itu yang penting, saya sebagai rakyat biasa juga tidak bisa mendengarkan langsung anda bicara, jika informasi yang saya terima ini berlebihan ada baiknya bisa dijadikan bahan antisipasi bagi anda untuk melangkah ke depan menjadi orang yang bertanggung jawab atas Kabupaten Tanjung Jabung Timur ini.

Semoga rakyat memberikan pilihan yang tepat kepada calon yang tepat dan bisa menjaga amanah.

Maaf, jika ada yang tersinggung, tulisan ini hanya sekedar opini dari rakyat biasa dan tidak mengerti politik.

Sumber asli wacana :Jambi Independent

2 thoughts on “Kandidat CaBup Tanjung Jabung Timur

  1. G da money politik.. Prett…
    Gimana dgn janjinya 100 rb setiap rmh.

    Untk pak abdullah hick jgn memihak k salah 1 kandidat dunk. Itukan g blh.

    Mengapa setiap pemilihat bupati d tanjab timur tidk perna ada keadilan. Katax pns g boleh ikt2 kampanye, tetapi banyak tu pns yg turun2 kampanye. Lagi ula mngapa setiap pns yg memihak k no 3 blh turun2 sedangkan pns yg memihak k no 1 n 2 klu ketahuan langsung d turunkan jabatanya. Di mana keadilan d tanjab timur ini. Dari dulu sampai sekarang pemerintahan tanjab timur seperti sistem kerajaan saja. Untk janji cpns memang dari putra tanjab timur tapi yang d dahulukan adalah famili yang berkuasa bukan orng yg bnar2 punya skil. Siapa yg dkt dgn pemimpin jabatannya bkaln naik siapa yg melawan pemim
    mpin dia bakalan d buang.itukan sistem kerajaan.
    Semoga calon bupati kali ini benar2 dpt membuktikan kata2x bukan sekedar janji2 manis saja. Sudah menjabat bagai kacang lupa kulitx, ingt kalian menjabat karna d pilih masyarakat jadi klu sudah menjabat jangan lupakan rakyat kecil. Karna kalian tidak akan ada jika rakyat kecil tidak ada.

    • hehe..yups bener2..karna sekarang lagi merantau jadi tidak banyak tau perkembangan selengkapnya, hanya bisa menatap Jambi Independent atau Jambi Ekspres, atau tivi..cannot doing anything!!

      Semoga pemimpin nantinya tetap amanah..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s